Senin, 04 Februari 2013

BAB 3 MANAJEMEN FILE

Hal pokok yang harus kita pelajari agar dapat mengoperasikan komputer dengan baik adalah mengelola file dan mengatur peripheral  komputer.
Aktivitas manajemen file terdiri atas penempatan file dalam folder yang sesuai, membuat folder, penggantian nama file/folder, pemindahan file ke folder lain, penghapusan file/folder yang tidak diperlukan lagi, dan sistem backup data agar ada file cadangan jika terjadi kerusakan file dalam komputer.
Untuk mendapatkan keuntungan manajemen file, anda harus memahami langkah-langkah manajemen file yang benar. Anda juga harus memperhatikan file-file yang tidak boleh diubah terutama untuk file-file sistem di dalam folde C:/Windows karena isi folder tersebut digunakan untuk mengatur sistem dalam komputer anda. Karena perubahan nama maupun letak file sistem dapat mengganggu kinerja komputer.

A.    Melakukan Manajemen File
1.    Mengaktifkan Windows Explorer
Windows Explorer adalah program aplikasi yang digunakan untuk pengaturan file dan folder pada sistem operasi Windows. Dengan adanya Windows Explorer anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan pengaturan file seperti: menyalin, memindah, menghapus, dan memformat media penyimpanan file (misalnya disket atau USB Flash Disk).
Prosedur menjalankan windows explorer adalah :
•    Klik Start
•    Pilih All Programs
•    Pilih Accessories
•    Klik Windows Explorer
Ada banyak langkah lain yang bisa dilakukan untu menjalankan program ini, diantaranya dengan cara klik kanan diatas tombol start kemudian pilih explorer atau explorer all users
Maka jendela windows explorer akan muncul

2.    Membuat folder
Folder adalah tempat atau ruang penyimpanan file-file yang anda pergunakan. Dalam sebuah PC terdapat suatu perangkat yang dinamankan harddiks, media ini berwujud piringan keras dan tertutup yang berfungsi untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan oleh komputer.
Sekarang kita akan mencoba membuat satu folder di My Documents, caranya :
o    Pastikan bahwa posisi kurso aktif terletak pada My dokuments
o    Klik menu File – New – Folder
Bentuk folder yang akan muncul masih tertulis nama New Folder. Satu folder baru telah selesai dibuat, kalian bisa melihatnya pada jajaran folder yang lain dalam My Documents
3.    Mengubah nama folder
Nama folder tidak selamanya new folder. Kalian dapat menggati sesuai dengan kebutuhan. Langkah yang perlu kalian lakukan adalah :
    Klik folder yang akan di ubah nama
    Klik menu file dan pilih rename atau dapat juga klik kanan folder kemudian klik remane. Selain itu dapat juga menekan tombol F2 pada keyboard
    Akhiri dengan menekan tombol Enter
Sebelum diganti pastikan file tidak sedang dalam proses atau berjalan dalam sistem.
4.    Menghapus folder
Baiklah kita akan mencoba menghapus folder yang pernah kita buat sebelumnya :
a.    Klik folder
b.    Klik menu File,klik kanan folder kemudian pilih Delete. Dapat juga dengan menekan tombol Delete pada keyboard
Sebelum dihapus pastikan file tidak sedang dalam proses atau berjalan dalam sistem dan file benar-benar sudah tidak dibutuhkan
5.    Memasukkan file kedalam folder
Ada dua cara untuk memasukkan file kedalam folder, yaitu :
a.    Menggunakan Menu Cut-Paste
•    Klik file yang akan dipindah (misal : file latihan 1)
•    Klik menu edit kemudian pilih Cut. Dapat juga dengan klik kanan file klik Cut atau Ctrl + X pada keyboard. File yang di Cut akan ditampilkan samar-samar.
•    Klik folder tujuan (misal : folder vilda)
•    Klik kanan folder vilda klik paste atau Ctrl+V pada keyboard
b.    Menggunakan Menu Move To
•    Klik file yang akan dipindah (misal :file latihan 1)
•    Klik kanan folder kemudian pilih Move To Folder
•    Pilih folder tujuan pada jendela Move Items
•    Klik tombol Move
6.    Menyalin file
Untuk membuat salinan data adalah :
o    Klik file yang akan dibuat salinan
o    Klik menu Edit kemudian pilih Copy
o    Tentukan penyimpanan salinan file. Misal kan file akan di pindah ke flash diks (My Flash)
o    Klik menu Edit kemudian pilih Paste
Dapat juga menggunakan cara send to yaitu klik kanan file - send to – tempat penyimpanan (My Flash). Cara diatas dapat pula dilakukan untuk memindahkan file/folder dari media penyimpanan lain ke dalam harddisk komputer.
B.    Ekstensi file
Banyak jenis file yang ada didalam komputer. Ekstensi atau tipe yang ada juga banyak ragamnya. Tergantung dari jenisnya, misalkan file gambar terdiri atas .jpg, .gif, .png dan lainnya
Ada pula file yang memiliki extensi dan extensi ini dibuat oleh suatu provider untuk di olah dan hanya bisa digunakan menggunakan program yang dibuat oleh provider ini. Misal kan file dengan ekstensi .psd adalah file gambar yang hanya bisa di olah menggunakan photoshop yang merupakan milik Adobe corp. Penulisan ekstensi file ditandai dengan titik (.) kemudian di ikuti ekstensi.
Secara umum file yang banyaj digunakan seperti berikut ini :

1.    .exe, .com, .bin    Bersifar eksekutable
2.    .txt, .doc, .xls, .pdf    Documen office
3.    .avi, .mpg, .wmv    Video
4.    .zip, .tar, .jar, .rar    Archive, untuk kompresi file
5.    .mp3, .wma    Audio file

Tidak ada komentar:

Posting Komentar