Perangkat lunak pengolah kata adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak.
Jenis-jenis Software Pengolah Kata.
Jenis-jenis program pengolah kata sangat banyak, beberapa diantaranya yaitu :
o AbiWord
o KWord
o Microsoft Works Word Processor
o StarOffice Writer
o WordPerfect
o WordPad
o Chiwriter
o WordStar
A. Memulai microsoft word 2007
Untuk memulai menggunakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 langkah-langkahnya adalah :
• Klik Start pada Taskbar,
• Pilih All Program,
• Pilih Microsoft Office,
• Klik Microsoft Office Word 2007.
Cara lain untuk mengaktifakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 adalah dengan double klik ikon shortcut Microsoft Office Word 2007 yang terdapat pada desktop.
Setelah kita klik Microsoft Word 2007 maka CPU akan memproses perintah yang kita berikan untuk membuka program Microsoft Word 2007.Sebagai tanda bahwa CPU telah melaksanakan perintah yang kita berikan pada desktop akan ditampilkan jendela program Microsoft Word.
Bagian-bagian Microsoft Word 2007 :
1. Titlel bar (baris judul)
Berisi informasi nama dokumen yang sedang dijalankan pada program microsoft word 2007. Nama dokumen baru pada microsoft word adalah dokumen1.
2. Office Button atau Tombol office adalah tombol berbentuk bulat di sebelah kiri atas pada produk Microsoft Office 2007 dan 2010. Fungsi Office button adalah untuk menampilkan menu-menu New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close dan Optoins.
3. Quick Access Toolbar atau bar percepatan menu berisi tombol-tombol menu yang digunakan untuk mempercepat perintah dalam pengerjaan dokumen. Tombol-tombol menu dalam Quick Access Toolbar ini merupakan shortcut dari perintah yang ada di Office Button.
4. Option bar adalah deretan ikon untuk mengatur tampilan jendela program. Ikon pada jendela bar adalah :
o Minimize button,yaitu tombol yang digunakan untuk memyembunyikan
o Restore,untuk menampilkan kembali jendela dengan ukuran sebelumnya
o Close, untuk menutup jendela program
5. Ribbon Tool atau pita peralatan merupakan tempat menu-menu perintah yang digunakan untuk mengedit dokumen. Ribbon Menu terdiri atas Menu Bar dan Toolbars. Menu Bars (baris menu) berisi barisan perintah menu, yaitu menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Reviews. Sedangkan toolbars berisi tombol perintah menu yang meruapakan isi dari menu-menu perintah dalam menu bar. Tampilan Toolbars berubah-ubah tergantung pada menu yang diaktifkan.
6. Document Area terletak di tengah jendela berupa area putih seperti kertas kosong yang siap untuk ditulis. Daerah ini merupakan daerah untuk mengetik dan mengedit dokumen.
7. Cursor (kursor) merupakan garis tegap berkedip. Semua karakter yang diketik akan muncul dari Cursor ini.
8. Scroll Bar berfungsi untuk menggeser layar dokumen kerja. Jika menggeser layar dokumen kerja ke kiri atau ke kanan, gunanaya Horizontal Scroll Bar sedangkan jika untuk menggeser layar dokumen kerja ke atas dan ke bawah, gunakan Vertical Scroll Bar.
9. Status bar atau daerah status dokumen menampilkan informasi tentang posisi kursor, jumlah halaman, jumlah kata, serta informasi lain tentang dokumen yang sedang dikerjakan.
B. Fungsi Menu Dan Ikon Microsoft Word 2007
1. Office Button
Office Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :
a. New
New adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.
b. Open
Open adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
c. Save
Save adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
d. Save As
Save As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
e. Print
Print adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
f. Prepare
Prepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
g. Send
Send adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet Faximile.
h. Publish
Publish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen managemen server.
i. Close
Close adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
2. Tab Menu Home
Menampilkan perintah-perintah untuk pengaturan standar seperti format huruf, paragraf, bullet, numbering dan pewarnaan tulisan. Menu home berisi ribbon untuk pengaturan standart. Ribbon pada menu home antara lain :
a. Ribbon Clipboard, berisi ikon untuk mengedit teks, yaitu :
Ikon Nama Fungsi
Paste menampilkan data hasil Cut atau Copy
Cut memindahkan data dengan cara dipotong
Copy menyalin data
Format Pointer menyalin format data dan mengaplikasikan pada data yang lain
b. Ribbon font, berisi ikon untuk mengatur huruf, yaitu :
Ikon Nama Fungsi
Font Mengatur pilihan jenis huruf
Font size Mengatur pilihan ukuran huruf
Bold Membuat cetakan huruf tebal
Italic Membuat cetakan huruf miring
Underline Membuat cetakan huruf garis bawah
Increase Font size Menambah ukuran huruf
Decrease Font size Mengurangi ukuran huruf
Border Menambah bingkai pada tabel
Fill color Memberi warna pada tabel
Font color Memberi warna pada huruf
c. Ribbon paragraf, berisi ikon untuk mengatur paragraf, yaitu :
Ikon Nama Fungsi
Top Align Mengatur posisi teks berada di atas
Middle Align Mengatur posisi teks berada di tengah
Button Align Mengatur posisi teks berada di bawah
Orientation Mengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
Align Text Left Mengatur paragraf rata kiri
Align Text Center Mengatur paragraf rata tengah
Align Text Right Mengatur paragraf rata kanan
Decrease Indent Mengatur teks menjorok keluar
Increase Indent Mengatur teks menjorok ke dalam
Wrap Text Menampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
Merge & Center Menggabungkan dua sell atau lebih
d. Ribbon styles, berisi pilihan pengaturan styles (model) penulisan, yaitu :
Ikon Nama Fungsi
Conditional formatting Mengatur format dengan kondisi tertentu
Format as table Mengatur format tabel
Cell style Mengatur style cell
e. Ribbon editing, berisi ikon untuk mencari karakter huruf, kata, atau kalimat pada dokumen, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Find Untuk mencari karakter, huruf, atau kata dalam dokumen
Replace Untuk mengganti karakter, huruf, atau kata dalam dokumen
Select Untuk membuat seleksi teks atau dokumen
3. Tab menu insert
Menu insert berisi perintah untuk menyisipkan objek pada dokumen seperti gambar, tabel, grafik, dan sebagainya. Menu insert terbagi dalam ribbon-ribbon sebagai berikut :
a. Ribbon Pages, berisi ikon untuk penambahan halaman, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Cover page Menambah halaman cover (sampul)
Blank page Menambah halaman kosong
Page break Memberi jarak pada halaman
b. Ribbon Table, untuk menyisipkan tabel, berisi ikon-ikon seperti :
Ikon Nama Fungsi
Insert table Menyisipkan tabel kedalam dokumen
Draw table Menyisipkan tabel dengan menggambar tabel
Convert text to table Mengubah teks kedalam bentuk tabel
Excel spreadsheet Menyisipkan lembar kerja excel
Quick tables Menyisipkan tabel secara tepat
c. Ribbon Illustrations, berisi ikon-ikon untuk menyisipkan gamabr, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Picture Menyisipkan gambar dari file yang kita simpan
Clip Art Menyisipkan gambar Clip Art.
Shapes Menyisipkan bentuk-bentuk dasar, seperti persegi, lingkaran, tanda panah dan sebagainya
SmartArt Menyisipkan bentuk-bentuk diagram
Chart Menyisipkan grafik
d. Links, berisi ikon untuk menghubungkan antar halaman, antar dokumen atau dengan file lain, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Hyperlink Melompat kedokumen lain
Bookmark Memberi tanda pada halaman tertentu untuk mempermudah pencarian
e. Header & footer, berisi ikon untuk membuat catatan dokumen, seperti :
Ikon Nama Fungsi
hearder Menyisipkan keterangan pada margin bagian atas yang ada pada hampir setiap halaman
footer Menyisipkan keterangan pada margin bagian bawah yang ada pada hampir setiap halaman
Page number Menyisipkan penomoran halaman
f. Text, berisi ikon untuk menyisipkan variasi teks, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Text box Menyisipkan kotak teks
Word art Menyisipkan teks yang artistik
Drop cap Menyisipkan drop cap
g. Symbols, berisi ikon untuk menyisipkan simbol, seperti :
Ikon Nama Fungsi
equation Menyisipkan simbol matematika
symbol Menyisipkan simbol
4. Tab menu page layout
Menu page layout berisi perintah untuk mengatur halaman. Menu page layout terdiri dari :
a. Ribbon themes, berisi ikon untuk mengatur tema dokumen, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Themes Mengatur tema dokumen.
Themes Color Mengatur warna pada tema.
Themes Font Mengatur huruf pada tema.
Themes Effect mengatur efek pada tema.
b. Ribbon page setup, berisi ikon untuk mengatur halaman dokumen, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Margin Mengatur batas halaman
Orientation Mengatur posisi halaman
Size Mengatur ukuran kertas yang digunakan
Columns Mengatur kolom dokumen
Line number Memberi penomoran baris
c. Ribbon page backround, berisi ikon untuk mengatur warna latar halaman dokumen, seperti :
Ikon Nama Fungsi
watermark Memberi tulisan dibelakang teks, seperti stempel
Page color Memberi warna halaman
Page borders Memberi bingkai pada halaman
d. Ribbon paragraf, berisi ikon untuk mengatur paragraf, seperti :
Ikon Nama Fungsi
Indent left Mengatur sisi kiri teks menjorok ke dalam
Indent right Mengatur sisi kanan teks menjorok ke dalam
Spacing before Mengatur jarak baris teks dengan baris sebelumnya
Spacing after Mengatur jarak baris teks dengan baris berikutnya
e. Ribbon arrage, berisi ikon untuk mengatur letak gambar dan teks, seperti :
Ikon Nama Fungsi
position Mengatur posisi gambar pada dokumen
Bring to front Mengatur gambar didepan teks atau gambar lainnya
Send to back Mengatur gambar dibelakang teks atau gambar lainnya
Text wrapping Mengatur gambar dengan teks
group Membuat grup gambar
rotate Memutar gamabar
C. Mengatur tampilan microsoft word 2007
1. Mengatur Tampilan Menu
Kadang kala tampilan lembar kerja kita terlihat terlalu sempit,mungkin karena monitor yang kurang lebar,ditambah lagi daftar menu-menu/Ribbon yang ada di office 2007 yang sedikit menyita tempat pula.Untuk mengatasi itu,kita dapat menghilangkan tampilan daftar menu-menu/ribbon tersebut agar lembar kerja terlihat lebih luas.Langkah-langkahnya sebagai berikut :
• Aktifkan Microsoft Office Word 2007,
• Klik kanan pada daftar menu-menu,(boleh di mana saja asal masih di area daftar menu),
• Kemudian pilih dan klik “Minimize the ribbon”
• Maka menu-menu yang ada tidak akan terlihat lagi.Menu-menu tersebut akan hilang tetapi hanya di Minimize atau di-hide.Untuk menampilkan menu-menunya lagi cukup klik salah satu menu yang ada,misalnya menu insert,setelah menu diklik,maka secara otomatis menu-menu yang ada di menu insert akan terlihat.
Dan otomatis akan hilang pada saat kita klik kembali di area lembar kerja.Klik kembali salah satu menu yang ada untuk menampilkan kembali.
Untuk mengembalikannya seperti semula,cukup klik kanan kembali di area daftar menu seperti dilangkah ke-2,kemudian hilangkan check list yang ada di “Minimize the ribbon” maka menu-menu yang tadinya tidak tampil akan ditampilkan kembali seperti semula
Untuk cara tercepat,cukup tekan saja tombol Ctrl+F1 untuk menyembunyikan dan menampilkan menu ribbon tersebut.
2. Mengatur Tampilan Ikon
Ikon-ikon yang sering kita gunakan dapat ditampilkan pada Quick Access Toolbar sehingga lebih mudah penggunaannya.Untuk mengatur ikon apa saja yang ditampilkan caranya :
Klik opsi pada Quick Access Toolbar
Pilih ikon yang akan ditampilkan dengan cara klik daftar ikon
Intuk memilih ikon lain klik More commands
Plih letak ikon berasal, misal pada menu home. Pilih ikon dengan cara klik ikon, kemudian klik add terakhir OK
Ikon yang kalian pilih telah ditambahkan pada quick access.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar